KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 0812 4902 5398
  • SMS - 0858 5359 5509
  • BBM - 7CB5BADA
  • Whatsapp - 0812 4902 5398
  • tanisejahtera1@gmail.com
Beranda » Artikel » Peluang Usaha Penanaman Bibit Cengkeh

Peluang Usaha Penanaman Bibit Cengkeh

Cengkeh adalah komoditas asli Indonesia dan selalu menjadi sebuah komoditas populer dari masa ke masa. Konon permintaan cengkeh baik untuk pasar lokal dan pasar ekspor... Selengkapnya

Peluang Usaha Penanaman Bibit Cengkeh

Cengkeh adalah komoditas asli Indonesia dan selalu menjadi sebuah komoditas populer dari masa ke masa. Konon permintaan cengkeh baik untuk pasar lokal dan pasar ekspor... Selengkapnya

Kode : -
Berat : 0.5 kg
Stok : Ready Stock
Dilihat : 478 kali
Review : Belum ada review
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.

Bagikan informasi tentang Peluang Usaha Penanaman Bibit Cengkeh kepada teman atau kerabat Anda.

Tentang Peluang Usaha Penanaman Bibit Cengkeh

Ditambahkan pada: 6 September 2014 / Kategori: ,

Cengkeh adalah komoditas asli Indonesia dan selalu menjadi sebuah komoditas populer dari masa ke masa. Konon permintaan cengkeh baik untuk pasar lokal dan pasar ekspor tidak pernah sepi. Karenanya berapapun produksi cengkeh selalu laku di pasar. Bahkan kini produksi cengkeh tidak lagi mampu memenuhi total permintaan yang masuk. Karenanya penanaman bibit cengkeh pada lahan baru atau pembaharuan tanaman cengkeh perlu kembali digiatkan.

potensi bibit cengkeh

Prospek Penanaman Bibit Cengkeh

Cengkeh merupakan komoditas multifungsi. Saat ini banyak industri membutuhkan cengkeh sebagai bahan baku baik bahan baku utama atau sekedar pelengkap. Tidak hanya industri saja yang membutuhkan, cengkeh juga merupakan salah satu bumbu masak yang kerap menghiasi dapur Anda.

Dalam industri rokok kretek, cengkeh merupakan bahan baku utama kedua setelah tembakau. Sementara industri rokok Indonesia semakin baik sejak beberapa tahun ini semakin terbukanya pasar Eropa. Bahkan pada musim dingin permintaan rokok kretek di Eropa meningkat hingga 3 kali lipat. Tingginya permintaan rokok kretek baik untuk skala lokal dan skala internasional menuntut aliran suplai cengkeh yang baik.

Baca Juga : Potensi Budidaya Penanaman Bibit Akasia Mangium

Cengkeh juga menjadi bahan baku utama industri minyak atsiri atau minyak cengkeh. Permintaan minyak cengkeh sangat tinggi di Eropa dan Kanada yang terkenal dengan musim dinginnya yang hebat. Harga minyak cengkeh disana sangat tinggi, karena cengkeh tidak dapat tumbuh di kawasan Eropa dan Kanada.

Selain itu minyak cengkeh juga bisa menjadi bahan baku industri obat obatan. Sifat cengkeh yang memberi efek relaksasi dan hangat membuat minyak atsiri kerap menjadi bahan baku berbagai obat obatan terutama obat herbal. Misalkan pada industri minyak angin dan minuman anti masuk angin. Selain untuk obat kesehatan, minyak atsiri kini juga mulai digunakan sebagai bahan utama industri insektisida alami.

Pada beberapa negara, industri spa juga membutuhkan minyak cengkeh. Belum lagi permintaan cengkeh dan minyak atsiri pada industri kosmetik dan penganan. Dan banyak produsen kue atau makanan khas Indonesia dan internasional yang menggunakan cengkeh sebagai bahan pelengkap atau bumbu masak, karena aroma cengkeh yang khas dapat memperkaya cita rasa.

Perlunya Penanaman Bibit Cengkeh Baru

Tingginya permintaan cengkeh ini tidak dibarengi dengan ketersediaan barang yang cukup di pasaran. Pada masa lalu, cengkeh sempat menjadi primadona banyak petani hingga sempat pada tahun 90an Indonesia mencapai swasembada cengkeh. Namun ketika pada awal 2000-an harga cengkeh sempat turun drastis, petani mulai meninggalkan lahan cengkehnya dan menjalankan budidaya lain.

Tanaman cengkeh yang terbengkalai ini kemudian tidak lagi produktif. Ketika harga cengkeh kembali pulih disaat bersamaan kebutuhan akan cengkeh dan minyak atsiri juga semakin meningkat. Untuk permintaan dari industri rokok kretek saja sudah mencapai angka 100 ribuan ton. Ini belum terhitung permintaan industri lainnya dan permintaan ekspor.

Nyatanya pada tahun 2009 saja, kemampuan industri budidaya cengkeh hanya mampu menutup sekitar 50 ribuan ton. Kelangkaan ini jelas mendorong harga cengkeh semakin tinggi. Di satu sisi harga tinggi ini bisa menguntungkan petani, namun bisa mencekik banyak pengusaha industri.

Prospek cengkeh masih akan baik meski Indonesia mampu berproduksi semakin optimal, karena berdasar pengamatan dan prediksi, pada tahun tahun kedepan permintaan cengkeh dan minyak atsiri tidak akan diam ditempat, dan akan terus meningkat.

Pemerintah dibawah departemen pertanian kini bahkan sedang menggalakkan penanaman bibit cengkeh dan rehabilitasi tanaman cengkeh di kawasan sentra. Pihak pemerintah siap menjadi rekan bagi petani dan pengusaha agro untuk menanam bibit cengkeh. Terutama pada lahan cengkeh lama yang tanamannya sudah tidak lagi produktif.

Pemerintah bahkan sudah mempersiapkan subsidi dan bantuan bibit cengkeh unggul yang dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu modal dasar usaha. Selain itu pemerintah juga telah mempersiapkan berbagai pelatihan dan pembinaan petani cengkeh dan pengusaha agro cengkeh demi mengoptimalkan produksi cengkeh nasional.

Proyek ini sudah dicanangkan sejak tahun 2009 dan masih berlanjut hingga sekarang. Karena kebutuhan dan ketersediaan barang belum juga berimbang, maka proyek ini dilanjutkan. Bahkan selain mempersiapkan sentra penanaman bibit cengkeh baru dan sentra rehabilitasi cengkeh, pemerintah juga menerapkan sistem perkebunan besar dibawah swasta dan pemerintah lokal.

Saat ini pemerintah mentargetkan produksi cengkeh mampu memenuhi 80% total permintaan, baik untuk skala lokal maupun skala ekspor. Dengan perkiraan peningkatan permintaan pada kisaran 5 % pertahun. Perkiraan harga cengkeh pun belum menunjukan penurunan dan pemerintah akan terus berusaha menekan biaya produksi tanaman cengkeh.

Sungguh sebuah peluang usaha yang bukan main-main. Disamping pasar permintaan yang sangat terbuka lebar, pemerintah siap turun tangan di lapangan untuk mendorong optimalisasi produksi. Anda tertarik untuk menjadi pengusaha penanaman bibit cengkeh?

Customer review dinonaktifkan: Peluang Usaha Penanaman Bibit Cengkeh

Maaf, form customer review dinonaktifkan untuk produk ini

Produk Terkait Peluang Usaha Penanaman Bibit Cengkeh

Pernah mendengar jambu jamaika? Atau Anda lebih akrab dengan nama jambu bol atau jambu dersono?...

*harga hubungi cs

bibit jambu jamaika
Prospek Usaha Penanaman Bibit Jambu Jamaika
*harga hubungi cs
Ready Stock

Bibit Kopi. Tanaman Kopi merupakan komoditi ekspor yang cukup menjanjikan karena mempunyai nilai ekonomis yang...

*harga hubungi cs

bibit kopi
Bibit Kopi
*harga hubungi cs
Ready Stock

Kenalkah Anda dengan tanaman ketapang? Tanaman peneduh ini sebenarnya tidak asing, bahkan sangat mudah Anda...

*harga hubungi cs

bibit ketapang
Menanam Bibit Ketapang Sebagai Bahan Dasar Selai Biji Ketapang
*harga hubungi cs
Ready Stock

Bila Anda selama ini cukup familier dengan kayu mahoni. Maka kali ini Anda perlu perlu...

*harga hubungi cs

biji-mahoni
Biji Mahoni Yang Kaya Manfaat
*harga hubungi cs
Ready Stock

Mungkin Anda tertarik dengan produk terbaru kami.

Pohon Tabebuya (Tabebuia Chrysotricha) berasal dari Brasil adalah termasuk jenis pohon besar, dan seringkali orang kebanyakan...

*harga hubungi cs

jual-pohon-tabebuya
Pohon Tabebuya
*harga hubungi cs
Ready Stock

Jual Pohon Pule Hub. Tani Sejahtera Call/SMS/WA 0812 4902 5398 Harga MURAH, Stok Banyak, Tersedia...

*harga hubungi cs

jual-pohon-pule
Pohon Pule
*harga hubungi cs
Ready Stock

Jual Bibit Durian Montong Hub. Tani Sejahtera 0812 4902 5398 Harga Murah, Kualitas Unggul, Sedia...

*harga hubungi cs

bibit-durian-montong
Bibit Durian Montong
*harga hubungi cs
Ready Stock

Jual Ikan Koi Super Hub. Tani Sejahtera 0812 4902 5398 Harga MURAH, Berkualitas Bagus, Bebas...

*harga hubungi cs

ikan koi
Ikan Koi
*harga hubungi cs
Ready Stock
Temukan Kami

Hits

Cart
Kontak