KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 0812 4902 5398
  • SMS - 0585 5359 5509
  • Whatsapp - 0812 4902 5398
  • tanisejahtera1@gmail.com
Beranda » Bibit Kayu » Mengenal Lebih Jauh Mengenai Jabon Merah

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Jabon Merah

Selama ini masyarakat hanya mengenal nama pohon jabon sebagai tanaman kayu keras yang belakangan menjadi trend dunia agro. Tapi sebenarnya pohon jabon terbagi menjadi dua... Selengkapnya

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Jabon Merah

Selama ini masyarakat hanya mengenal nama pohon jabon sebagai tanaman kayu keras yang belakangan menjadi trend dunia agro. Tapi sebenarnya pohon jabon terbagi menjadi dua... Selengkapnya

Kode : -
Stok :
Dilihat : 135 kali
Review : Belum ada review
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.

Bagikan informasi tentang Mengenal Lebih Jauh Mengenai Jabon Merah kepada teman atau kerabat Anda.

Tentang Mengenal Lebih Jauh Mengenai Jabon Merah

Ditambahkan pada: 16 March 2014 / Kategori:

jabon merahSelama ini masyarakat hanya mengenal nama pohon jabon sebagai tanaman kayu keras yang belakangan menjadi trend dunia agro. Tapi sebenarnya pohon jabon terbagi menjadi dua jenis, yakni jabon merah dan jabon putih.

Secara umum jabon memiliki keunggulan dari sisi kualitas yang melebihi kayu sengon dan kecepatan tumbuh yang cukup bersaing dengan kayu sengon. Sejak kemunculannya, kayu jabon secara bertahap mampu menggeser popularitas kayu sengon di pasaran. Apalagi pihak pabrikan mulai beralih ke kayu jabon untuk bahan plywood karena dianggap lebih kuat dan menarik konsumen.

Seperti dikatakan sebelumnya, ada 2 jenis pohon jabon yang menjadi tanaman kayu komoditas, yakni jabon merah dan jabon putih. Pada umumnya petani dan penggiat agrobisnis kayu cenderung memilih menanam pohon jabon putih. Ini karena jabon putih memang lebih dulu populer dan memiliki kecepatan tumbuh lebih baik.

Tapi belakangan muncul jenis lain dari jabon, yakni jabon merah yang berasal dari daerah timur Indonesia, seperti Maluku dan Sulawesi. Saat ini popularitas kayu jabon merah tidak kalah dari jabon putih dan akhirnya mampu menciptakan pasarnya sendiri.

Sebagai penggiat agro, terutama pada bidang kayu keras, menanam jabon adalah sebuah keputusan investasi yang sangat menarik. Tapi Anda perlu putuskan dulu jenis jabon apa yang akan Anda tanam. Karena masing-masing memiliki kelebihan.

Karakter Dari Jabon Merah

Pada kesempatan ini, Anda akan mengenal lebih jauh mengenai jabon merah. Selama ini penanaman jabon identik dengan jabon putih. Padahal satu hal yang menarik di sini, jabon merah yang ternyata tumbuh lebih lama dari jabon putih justru mulai mendapat lirikan dari para pelaku usaha agro. Pasalnya permintaan kayu jabon merah dari kalangan industri terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Lantas apa yang menyebabkan pasar industri tertarik pada jabon merah? Apa kelebihan, kekurangan dan karakter dasar dari pohon satu ini? Berikut adalah beberapa karakter yang terdapat pada tanaman jabon merah.

  1. Kayu jabon merah memiliki kekuatan dan keawetan yang cukup unggul, jauh meninggalkan kayu sengon dn jabon putih. Sifat keras dari jabon merah membuat industri tertarik, terutama untuk mengincar pasar eskpor.
  2. Pohon jabon merah akan tumbuh lebih lama dari jabon putih. Pada usia yang sama maka ukuran jabon putih sudah pasti akan lebih besar, misal pada usia 4 tahun, maka log jabon merah hanya sekitar 15 cm diameter sedang jabon putih mencapai 25 cm diameter. Karakter lambat tumbuh ini karena kekerasan kayu pada jabon merah yang jauh melebihi kayu jabon putih. Tapi pada ukuran maksimalnya jabon merah bisa mencapai diameter 150cm dan tinggi 40 m.
  3. Sebutan jabon merah ini berasal dari buahnya yang kemerahan dengan ukuran diameter 3 -4 cm. Biji dari jabon merah juga berwarna kemerahan dengan ukuran kecil sebesar serangga tungau, hampir sama dengan biji jabon putih. Selain pada buah dan bijinya, warna kemerahan juga bisa Anda temukan pada daun muda dan tunasnya yang akan terlihat semburat kemerahan. Kemudian Anda juga bisa melihat warna merah pada tulang daunnya.
  4. Karakter daun jabon merah, berbentuk lonjong dan meruncing. Pada daun jabon putih biasanya daunnya oval dengan warna hijau yang segar. Permukaan daun tidak licin tetapi berbulu kasar dan kasat seperti daun jati.
  5. Pada bagian dalam log, kayu jelas terlihat ber semburat dengan warna kemerahan, mirip kayu Meranti. Kayu cukup keras, awet dan kuat. Masuk dalam kategori antara III dan II. Berat jenis kayu jabon merah 1,44 – 1,51, sedikit diatas kayu jabon putih.
  6. Jabon merah memiliki kemampuan lebih dalam menyerap air, sehingga sangat cocok pada lahan miring karena lebih mampu menahan erosi. Jabon merah juga memiliki akar yng lebih kokoh, sehingga pemasangan ajir tidak perlu terlalu besar. Tapi pada dasarnya jabon merah lebih baik tumbuh pada lahan cenderung kering dengan ketinggian sekitar 700m dpl.
  7. Manfaat utama dari kayu jabon merah adalah sebagai bahan baku industri terutama pada industri plywood. Kayu jabon merah biasanya menjadi veneer dengan cara pengelupasan baik secara manual maupun secara digital dengan kualitas tetap prima.
  8. Beberapa industry meubel juga memanfaatkan kayu jabon merah yang unik dengan warna semburat kemerahan sebagai bahan baku furnitur. Justru warna uniknya yang menyerupai meranti inilah yang menjadi nilai jualnya.
  9. Saat ini harga pasaran untuk jabon merah per kubiknya sekitar Rp 1,5 juta. Sedang untuk satu buah log pohon jabon merah bisa mencapai 2 – 3 kubik untuk usia 7 tahun. Sedang harga bibit jabon merah saat ini pada kisaran Rp 1.500 sampai Rp 3.000. Bandingkan dengan harga pasaran kayu jabon putih yang sekitar Rp 900 ribu hingga Rp 1,1 juta. Tapi ukuran serupa bisa dicapai dalam waktu 5 tahun saja.
  10. Kulit jabon merah juga berkhasiat secara kesehatan dan banyak menjadi bahan baku jamu di kawasan Jawa dan Sulawesi. Pada umumnya kulit kayu jabon merah adalah obat untuk kesuburan, stamina dan penurun kolesterol.

Itu adalah karakter dari jabon merah, baik dari sifat, keunggulan dan potensinya. Kini Anda lebih mengenal jabon merah dengan baik sehingga Anda bisa memilih dengan bijak jenis jabon mana yang akan Anda tanam.

Customer review dinonaktifkan: Mengenal Lebih Jauh Mengenai Jabon Merah

Maaf, form customer review dinonaktifkan untuk produk ini

Produk Terkait Mengenal Lebih Jauh Mengenai Jabon Merah

Setiap tahun Faber Castell memproduksi 4800 juta batang pensil. Tidak heran kalau saat ini perusahaan...

*harga hubungi cs

tanaman kayu
Pengembangan Budidaya Tanaman Kayu Oleh Faber Castell
*harga hubungi cs
Ready Stock

Pohon Angsana atau Sonokembang (Pterocarpus indicus) adalah sejenis pohon penghasil kayu berkualitas tinggi dari suku...

*harga hubungi cs

bibit angsana
Bibit Angsana
*harga hubungi cs
Ready Stock

Cemara Laut merupakan tumbuhan hijau abadi yang sepintas lalu dapat disangka sebagai tusam karena rantingnya...

*harga hubungi cs

bibit cemara laut
Bibit Cemara Laut
*harga hubungi cs
Ready Stock

Pohon Jati merupakan salah satu komoditi kayu yang baik untuk investasi masa depan Anda karena...

*harga hubungi cs

bibit jati
Bibit Jati
*harga hubungi cs
Ready Stock

Mungkin Anda tertarik dengan produk terbaru kami.

Ikan Koi biasanya dipelihara di kolam yang memiliki beragam manfaat untuk hiburan, keindahan, kedamaian, dan...

*harga hubungi cs

jual ikan koi
Ikan Koi
*harga hubungi cs
Ready Stock

Rumput Jepang merupakan salah satu jenis rumput hias yang sering ditanam di halaman rumah untuk...

*harga hubungi cs

rumput jepang
Rumput Jepang
*harga hubungi cs
Ready Stock

Rumput Gajah Mini ( Pennisettum Purpureum cv.Mott ) adalah salah satu jenis rumput gajah yang...

*harga hubungi cs

rumput gajah mini
Rumput Gajah Mini
*harga hubungi cs
Ready Stock

Pohon Kelapa Sawit biasanya dibudidayakan secara komersil, sebagai komoditas ekonomi yang menghasilkan buah kelapa sawit...

*harga hubungi cs

pohon kelapa sawit
Pohon Kelapa Sawit
*harga hubungi cs
Ready Stock

Hits

Kontak