KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 0812 4902 5398
  • SMS - 0585 5359 5509
  • Whatsapp - 0812 4902 5398
  • tanisejahtera1@gmail.com
Beranda » Bibit Kayu » Budidaya Sengon, Apakah Menjanjikan ? Temukan Jawabannya Disini !

Budidaya Sengon, Apakah Menjanjikan ? Temukan Jawabannya Disini !

Budidaya sengon konon merupakan salah satu bisnis budidaya kayu keras yang cukup menjanjikan. Meski take profitnya terhitung lama, dibandingkan dengan kayu jati, budidaya sengon jauh... Selengkapnya

Budidaya Sengon, Apakah Menjanjikan ? Temukan Jawabannya Disini !

Budidaya sengon konon merupakan salah satu bisnis budidaya kayu keras yang cukup menjanjikan. Meski take profitnya terhitung lama, dibandingkan dengan kayu jati, budidaya sengon jauh... Selengkapnya

Kode : -
Stok :
Dilihat : 31 kali
Review : Belum ada review
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.

Bagikan informasi tentang Budidaya Sengon, Apakah Menjanjikan ? Temukan Jawabannya Disini ! kepada teman atau kerabat Anda.

Tentang Budidaya Sengon, Apakah Menjanjikan ? Temukan Jawabannya Disini !

Ditambahkan pada: 28 April 2014 / Kategori:

Budidaya sengon konon merupakan salah satu bisnis budidaya kayu keras yang cukup menjanjikan. Meski take profitnya terhitung lama, dibandingkan dengan kayu jati, budidaya sengon jauh lebih pendek waktu tunggunya.

budidaya sengon

Karena potensinya yang  cukup menjanjikan itulah, kini banyak sekali pemain baru yang ikut terjun di bisnis budidaya sengon ini. Bisa dikatakan persaingannya mulai ketat, karena banyaknya pemain di pasaran. Dengan situasi tersebut, bagi Anda yang ingin terjun di bisnis ini sebaiknya berhati-hati. Alih-alih meraup keuntungan yang besar, Anda bisa terjun bebas karena kerugian besar.

Cobalah Anda berandai-andai di sini. Anda berencana memulai budidaya sengon pada tahun 2013. Artinya Anda baru bisa melakukan panen pada tahun 2018. Kemudian Anda memutuskan untuk langsung menjual kayu sengon anda pada tahun tersebut. Lalu bagaimana perkiraan situasi pasar kayu sengon di tahun tersebut? Berapa keuntungan yang mungkin bisa anda dapatkan? Anda harus bisa memperkirakan hal-hal tersebut dengan cermat.

Untuk membantu menjawab pengandaian tadi, kami akan coba kupas beberapa hal yang nantinya bisa Anda pakai sebagai bahan pertimbangan untuk melihat situasi bisnis kayu sengon di masa yang akan datang. Mungkin ada beberapa dari paparan yang kami kupas tidak dapat membantu Anda “meramalkan” bagaimana situasi bisnis ini di masa yang akan datang degan tepat. Tetapi paling tidak, gambaran-gambaran tersebut bisa Anda jadikan pegangan yang kuat jika nantinya Anda memutuskan untuk memulai budidaya kayu sengon.

Daya Tarik Budidaya Sengon

Kayu sengon merupakan jenis kayu keras yang bersifat empuk dengan serat kayu yang standar. Bisa dikatakan, kayu sengon ini tergolong kayu kelas bawah. Maka jangan heran jika Anda menjumpai harga kayu sengon lebih murah dari kayu jenis lainnya. Namun karena harganya yang murah inilah kayu sengon mempunyai daya tarik tersendiri.

Sebagai contoh, Anda tentu tidak akan keberatan jika Anda membeli sebuah baju seharga 25 ribu dengan bahan yang agak tipis, tetapi Anda masih merasa nyaman dan cantik memakainya. Sudah tentu Anda akan menuntut kualitas bahan yang lebih baik ketika Anda membeli baju dengan harga 50 ribu misalnya. Dan bisa jadi baju yang harganya 25 ribu tadi lebih laku terjual karena lebih murah, benar bukan?

Baca Juga : Potensi Budidaya Penanaman Bibit Akasia Mangium

Kembali ke budidaya sengon. Kayu sengon termasuk kayu yang banyak dicari untuk bahan baku bangunan, bahan baku pembuatan furniture dan juga pulp. Sifat kayu yang lunak ini memudahkan proses cutting dan proses modifikasi model furniture. Bahkan khusus untuk bahan furniture, permintaan ekspor untuk kayu sengon juga tidak kalah tinggi dengan dibandingkan dengan furniture-furniture dari kayu lainnya.

Prospek Budidaya Sengon di Masa Mendatang

Sekarang coba Anda bayangkan lima tahun ke depan, bagaimana situasi permintaan dan persaingan dalam perdagangan budidaya sengon. Penting bagi Anda untuk mencoba menganalisa hal tersebut seandainya Anda benar-benar akan memulai usaha budidaya sengon pada tahun ini.

  1. Analisa permintaan

Sengon merupakan jenis kayu keras yang murah. Saking murahnya, banyak orang ketika membangun sebuah rumah, kayu penyangga bangunan yang mereka gunakan menggunakan kayu sengon. Habis pakai buang.

Selain itu, kayu sengon kerap menjadi pilihan sebagai bahan baku furnitur rumahan yang murah. Untuk kalangan mahasiswa, rak dan lemari pakaian berbahan baku sengon sangat populer. Karena selain murah dan cukup kuat, rak dan lemari tersebut relatif ringan, sehingga mudah dibawa jika si mahasiswa ingin pindah kost.

Masih banyak lagi pemanfaatan lain dari kayu sengon. Lalu bagaimana dengan permintaan jangka panjang? Pertanyaan yang bagus! Selama orang masih terus membangun gedung dan rumah dan selama permintaan furniture murah masih ada, maka bisa dipastikan permintaan kayu sengon masih akan terus berjalan. Dan kita belum berbicara skala ekspor lho… J Tapi ingat, walaupun terlihat positif, Anda tetap harus mempertimbangkan kompetitor dan trend penggunaan kayu sengon sebagai bahan baku furniture!

  1. Analisa lingkungan

Hutan adalah jantung dunia. Anda pernah dengar istilah itu kan? Alih-alih menebang kayu di hutan yang bisa berakibat fatal bagi pemanasan global, lebih baik Anda melakukan budidaya sengon dan berbagai kayu keras lainnya. Dengan budidaya sengon ini, keberadaan hutan sengon akan mampu memberikan kontribusi bagi lingkungan persatu, toh nantinya akan anda tanami kembali.

Seandainya Anda jadi menanam pohon sengon dan “memproduksinya” dalam 5 tahun ke depan, bisa jadi perlindungan terhadap hutan akan semakin maksimal. Sehingga nilai dari sisi non komersial perkebunan sengon Anda akan jauh lebih tinggi dan tentunya lebih bermanfaat.

  1. Analisa biaya

Andaikan saat ini harga bibit sengon sekitar 500 hingga 1000 rupiah. Untuk lahan 1 hektar, Anda memerlukan bibit sengon sekitar 3500 batang. Dengan demikian Anda bisa memperkirakan berapa biaya penanaman kayu sengon, termasuk biaya penanaman dan biaya tenaga kerja.

Yang sulit untuk Anda prediksi adalah biaya perawatan, terutama di 3 tahun pertama. Pada tahun-tahun tersebut, Anda perlu intensitas perawatan yang maksimal. Contohnya adalah perubahan harga pupuk, pestisida dan tentu saja, biaya tenaga kerja.

Nah, bagaimana hasil analisa sederhana di atas? Ada pertanyaan? Intinya, prospek dari produksi budidaya sengon pada tahun-tahun ke depan akan tetap menjanjikan, bahkan lebih. Namun tidak ada salahnya bagi Anda untuk tetap berhati-hati mencermati bisnis ini, terutama terhadap berbagai perubahan biaya yang mungkin bisa saja terjadi.

 

Customer review dinonaktifkan: Budidaya Sengon, Apakah Menjanjikan ? Temukan Jawabannya Disini !

Maaf, form customer review dinonaktifkan untuk produk ini

Produk Terkait Budidaya Sengon, Apakah Menjanjikan ? Temukan Jawabannya Disini !

Anda miliki lahan kosong? Kenapa tidak Anda berdayakan dengan melakukan usaha perkebunan hutan rakyat yang...

*harga hubungi cs

jual bibit jabon
Anda Mencari Bibit Pohon Komoditas Kayu? Disini Tempatnya!
*harga hubungi cs

Pohon Damar atau Pohon Agathis Dammara merupakan tanaman asli Indonesia yang dibudidayakan untuk diambil getahnya...

*harga hubungi cs

bibit damar
Bibit Damar
*harga hubungi cs
Ready Stock

Kenalkah Anda dengan tanaman ketapang? Tanaman peneduh ini sebenarnya tidak asing, bahkan sangat mudah Anda...

*harga hubungi cs

bibit ketapang
Menanam Bibit Ketapang Sebagai Bahan Dasar Selai Biji Ketapang
*harga hubungi cs

Ready Stock | Siap Kirim ke Seluruh Indonesia | Harga Murah TANI SEJAHTERA Telp /...

*harga hubungi cs

bibit bakau
Bibit Bakau / Mangrove
*harga hubungi cs
Ready Stock

Mungkin Anda tertarik dengan produk terbaru kami.

Rumput Jepang merupakan salah satu jenis rumput hias yang sering ditanam di halaman rumah untuk...

*harga hubungi cs

rumput jepang
Rumput Jepang
*harga hubungi cs

Rumput Gajah Mini ( Pennisettum Purpureum cv.Mott ) adalah salah satu jenis rumput gajah yang...

*harga hubungi cs

rumput gajah mini
Rumput Gajah Mini
*harga hubungi cs

Pohon Kelapa Sawit biasanya dibudidayakan secara komersil, sebagai komoditas ekonomi yang menghasilkan buah kelapa sawit...

*harga hubungi cs

pohon kelapa sawit
Pohon Kelapa Sawit
*harga hubungi cs

Pohon Bambu Cina (Bambusa Multiplex) terkenal dengan kualitasnya yang sampai sekarang masih menjadi yang terbaik...

*harga hubungi cs

bambu cina
Bambu Cina
*harga hubungi cs

Hits

Kontak