KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 0812 4902 5398
  • SMS - 0585 5359 5509
  • Whatsapp - 0812 4902 5398
  • tanisejahtera1@gmail.com
Beranda » Bibit Lainnya » Cerahnya Menjalankan Usaha Bibit Tanaman

Cerahnya Menjalankan Usaha Bibit Tanaman

Bibit tanaman merupakan sebuah produk yang tak pernah kehabisan permintaan. Apalagi ditengah tren penghijauan dan go green saat ini. Tak hanya itu, maraknya minat para... Selengkapnya

Cerahnya Menjalankan Usaha Bibit Tanaman

Bibit tanaman merupakan sebuah produk yang tak pernah kehabisan permintaan. Apalagi ditengah tren penghijauan dan go green saat ini. Tak hanya itu, maraknya minat para... Selengkapnya

Kode : -
Stok :
Dilihat : 57 kali
Review : Belum ada review
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.

Bagikan informasi tentang Cerahnya Menjalankan Usaha Bibit Tanaman kepada teman atau kerabat Anda.

Tentang Cerahnya Menjalankan Usaha Bibit Tanaman

Ditambahkan pada: 5 July 2013 / Kategori:

Bibit tanaman merupakan sebuah produk yang tak pernah kehabisan permintaan. Apalagi ditengah tren penghijauan dan go green saat ini. Tak hanya itu, maraknya minat para pelaku usaha untuk menjalankan budidaya berbagai tanaman komersial juga meningkatkan peluang dalam usaha bibit tanaman.

Meski usaha bibit tanaman ini terkesan bisnis kecil, namun potensi yang tersembunyi di baliknya sangat besar. Tak sedikit pelaku usaha bidang ini mampu membukukan omset hingga puluhan juta hingga ratusan juta.

Seluk Beluk Usaha Bibit Tanaman

Walaupun potensi dari usaha bibit tanaman besar, bukan berarti dalam menjalankan usaha bibit tanaman seolah-olah bagai berjalan di jalan tol. Nyatanya ada kemungkinan Anda akan menemukan beberapa kendala.

Kendala utama dalam usaha ini adalah keahlian dalam pembibitan. Karena memang proses pembibitan bisa dibilang susah-susah gampang. Secara teori caranya sederhana. Namun prakteknya terkadang memerlukan banyak pengalaman dan pemahaman teknik agar Anda menjadi handal dalam pembibitan. Selain itu Anda perlu mengenal benar tanaman yang akan Anda bibitkan, karena teknik pembibitan tak selalu sama untuk setiap tanaman.

Baca Juga : Panen Besar dari Tanaman Hias : Bibit Pucuk Merah

Namun jangan khawatir, bukan berarti usaha bibit tanaman itu usaha yang susah dan rumit. Sama sekali tidak. Dalam usaha bibit tanaman, Anda tidak membutuhkan banyak modal. Anda juga tidak membutuhkan lahan yang luas. Kadang dengan modal lahan sebesar 1Ha saja Anda sudah mampu menghasilkan ribuan bibit perbulan. Modal awal hanya memiliki pohon indukan yang unggul sebagai sumber pembibitan. Selebihnya, Anda hanya perlu giat dalam mempraktekkan pembibitan.

Dari segi pemasaran, tentu bergantung pada jenis bibit tanaman yang Anda jual. Untuk jenis tanaman komersial seperti bibit buah atau kayu, penawaran bisa melalui koperasi atau kerjasama dengan aparat desa. Namun untuk jenis tanaman hias misalkan, cara terbaik mungkin dengan mengikuti berbagai pameran tanaman hias.

Selain itu, Anda bisa juga menawarkan bibit tanaman melalui internet. Ini sama sekali bukan ide yang buruk. Anda bisa memaksimalkan pasar Anda hingga seluruh Indonesia. Hanya saja, dengan cara ini Anda perlu mempertimbangkan teknik pengiriman terutama jika permintaan datang dari luar pulau. Karena resiko kerusakan bibit tanaman akan mengancam usaha jenis ini.

Usaha Bibit Tanaman yang Populer

Dalam menjalanakan usaha bibit tanaman, ada beberapa langkah awal yang perlu Anda perhatikan untuk mengenali situasi pasar yang menjadi target anda. Karena pada dasarnya, bibit tanaman memang masih terbagi lagi dalam beberapa kategori. Dan untuk masing-masing kategori memiliki pendekatan sendiri-sendiri.

Berikut ini beberapa jenis pasar bibit tanaman yang populer :

  1. Bibit Tanaman Buah

Pasar ini berfokus pada bibit tanaman buah unggulan, biasanya berupa tanaman buah dengan produktifitas tinggi dan kualitas buah yang baik. Mungkin ukuran yang besar, rasa yang manis dan tahan hama.

Namun untuk pasar ini, bibit tanaman buah dalam pot atau tambulampot juga berpeluang besar, meski penjualannya jarang dalam bentuk masal. Potensi pasar jenis bibit tanaman ini sangat besar, karena pasar Anda tak hanya pelaku usaha namun konsumen pribadi.

  1. Bibit Tanaman Kayu

Tanaman kayu tergolong komoditas yang sangat potensial. Nilai jual kayu yang biasanya tinggi menjadikan budidayanya bisa menjadi salah satu pilihan investasi. Karenanya permintaan untuk bibit tanaman kayu ini selalu ramai dan dalam bentuk kulakan atau massal. Sehingga dalam menjalankan usaha bibit kayu Anda perlu fokus untuk menyediakan bibit dalam jumlah besar.

  1. Bibit Tanaman Hias

Ini adalah jenis usaha bibit tanaman yang paling tinggi tingkat persaingannya. Hal ini karena selain peminat tanaman hias tergolong banyak, tingkat margin keuntungan yang bisa Anda peroleh juga cukup tinggi.

Kelemahan dari pasar ini adalah tren tanaman berganti dengan cepat sehingga Anda harus cukup peka untuk membaca tren tersebut. Selain itu pada proses pembibitan terkadang ada beberapa teknik khusus yang perlu Anda dalami terlebih dulu.

  1. Bibit Tanaman Penghijauan

Tren Go green yang marak dalam tahun-tahun belakangan ini menyebabkan permintaan untuk tanaman peneduh, tanaman penghisap polutan dan tanaman penyangga menjadi sangat tinggi. Contohnya bibit ketapang, bibit trembesi atau bibit bakau.

Meski prospek untuk usaha jenis ini tidak sebesar penjualan bibit tanaman jenis lain, tapi perkembangan pada masa yang akan datang, permintaan tanaman serupa akan terus meningkat. Karena upaya pemeliharaan dan rehabilitasi alam selalu menjadi isu utama baik dalam negeri maupun global.

Customer review dinonaktifkan: Cerahnya Menjalankan Usaha Bibit Tanaman

Maaf, form customer review dinonaktifkan untuk produk ini

Produk Terkait Cerahnya Menjalankan Usaha Bibit Tanaman

Tidak sulit mencari tanaman bunga bougenville di sekitar Anda, karena tanaman satu ini cukup akrab...

*harga hubungi cs

bibit bunga bougenville
Teknik Budidaya dan Pembuatan Bibit Bunga Bougenville
*harga hubungi cs

Pohon Glodok / Glodokan (Polyalthia Longifolia) merupakan tanaman yang sangat cocok untuk tanaman penghijauan di...

*harga hubungi cs

bibit glodokan
Bibit Glodokan
*harga hubungi cs
Ready Stock

Pohon Melinjo banyak ditanam di pekarangan sebagai peneduh atau pembatas pekarangan dan terutama dimanfaatkan buah...

*harga hubungi cs

Bibit Melinjo
*harga hubungi cs
Ready Stock

Ready Stock | Siap Kirim ke Seluruh Indonesia | Harga Murah TANI SEJAHTERA Telp /...

*harga hubungi cs

bibit pucuk merah
Bibit Pucuk Merah
*harga hubungi cs
Ready Stock

Mungkin Anda tertarik dengan produk terbaru kami.

Ikan Koi biasanya dipelihara di kolam yang memiliki beragam manfaat untuk hiburan, keindahan, kedamaian, dan...

*harga hubungi cs

jual ikan koi
Ikan Koi
*harga hubungi cs
Ready Stock

Rumput Jepang merupakan salah satu jenis rumput hias yang sering ditanam di halaman rumah untuk...

*harga hubungi cs

rumput jepang
Rumput Jepang
*harga hubungi cs

Rumput Gajah Mini ( Pennisettum Purpureum cv.Mott ) adalah salah satu jenis rumput gajah yang...

*harga hubungi cs

rumput gajah mini
Rumput Gajah Mini
*harga hubungi cs

Pohon Kelapa Sawit biasanya dibudidayakan secara komersil, sebagai komoditas ekonomi yang menghasilkan buah kelapa sawit...

*harga hubungi cs

pohon kelapa sawit
Pohon Kelapa Sawit
*harga hubungi cs

Hits

Kontak